DUA DIMENSI

DUA DIMENSI
Manusia dikarunia banyak dimensi,aku kira.Paling tidak ada dua dimensi yang dimiliki manusia. Pertama dimensi fisik dan kedua dimensi sebut saja non fisik. Dimensi fisik tentu adalah tubuh manusia itu sendiri, dan karenanya untuk mewadahi tubuh ini mengharuskan ada bentuk-bentuk fisik lain. Misalnya sandang: pakaian mulai dari kepala sampai alas kaki. Ada pula kebutuhan penunjang performance fisik lainnya yang terkait dengan sandang ini. Juga ada papan: kebutuhan tubuh yang memang memerlukan perlindungan dari udara dingin,hujan dan terik matahari. Juga ada pangan: untuk menjaga dan menyambung nyawa manusia agar tumbuh berkembang dengan baik.
Kebutuhan dimensi fisik manusia ini sangat beragam banyaknya dan secara ekonomi,misalnya dibagi menjadi beberapa kategori mulai dari kebutuhan primer,sekunder hingga tersier. Bahkan tubuh fisik ini secara biologis juga membutuhkan kehadiran sosok lainnya, artinya kalau laki-laki dia butuh wanita, kalau wanita dia butuh laki-laki.
Lebih dari itu,konsep ruang dan waktu juga sangat erat terkait dengan dimensi fisik manusia ini,saat ada pertanyaan di mana kamu sekarang,maka jawabnnya tentu mengacu pada tubuh fisik saat itu berada. Saat itu, ya saat itu, mengisyaratkan fisik ada pada waktu dan saat tertentu. Hanya barangkali saja, kalau seseorang bisa memanipulasi ruang dan waktu, ia bisa mengklaim mampu berada dalam ruang yang berbeda.
Sisi lain adalah dimensi psikis,sebut saja begitu,dari manusia. Ia mewakili unsur rasa, unsur nyawa,unsur jiwa, unsur ruh, unsur yang memberi jiwa tidak hambar, unsur inside, unsur inner, unsur kepribadian, unsur hidup, unsur dunia imaji, unsur alam pikiran, unsur kesadaran manusia.
Ketika terjadi kontak fisik, atau hubungan sosial maka unsur kehadiran fisik menjadi sesuatu yang penting, banyak pakar komunikasi menyarankan agar ketika berkomunikasi seseorang bisa mengadakan kontak mata dengan lawan bicara, saling berhadapan. Ini semua melibatkan unsur fisik, atau pada jaman sekarang ada suatu medium yang menghubungkan orang satu dengan lainnya lewat teknologi informasi dan komunikasi. Tapi dibalik terjadinya kontak fisik ini, tentu di sana ada alam lain yang menggerakkan terjadi komunikasi ini.
Dibanding dengan fisik, psikis manusia lebih komplek. Miskipun fisiknya juga sedemikain rumit, misalnya betapa rumitnya mekanisme rambut yang tumbuh di tubuh manusia, bahwa ternyata bulu alis misalnya tidak bisa dicangkokkan dari bulu rambut kepala karena tabiat rambut kepala tumbuh memanjang,sedangkan bulu alis cenderung tidak tumbuh kecuali tetap seperti itu.
Kita punya dimensi batin,satu sama lain yang begitu kuat.malah terasa sangat dekat sekali. Ini terbukti bahwa apa yang diungkapkan belakangan ternyata secara batin sudah dipahami sebelumnya secara bersama. Bahkan di banyak kesempatan pengalaman batin berdua ini sunggung begitu namapak seperti nyata di alam luar. Dalam dunia batin bisa tertawa bersama, bisa bercanda, bisa merasakan kehadiran satu sama lain, tanpa pernah merasa sepi karena selalu ada di hati. Bahkan untuk hal-hal yang sifatnya kebutuhan jasmaniyah pun bisa digantikan oleh hubungan batin yang demikian kuat penuh keintiman, keakraban, keindahan dan kenikmatan yang dirasakan bersama.

About basstk

melangkah dan melangkah miski terkadang atau bahkan serasa letih dan berat serta lelah
This entry was posted in qita. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s